Header Ads

Header ADS

Menko PMK dan Kepala Basarnas RI Mengunjungi Pengungsi di Yaskum Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy



Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi pengungsian. Muhadjir juga melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang ada, sehingga jika ada kejadian cuaca ekstrim lagi bisa diantisipasi.

"Ini semacam siklus 25 tahunan, yang mana kejadiannya cukup ekstrem dan yang terkena dampak tidak hanya Jakarta, tetapi wilayah-wilayah lainnya," kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan banyak yang tidak menyangka terjadinya musibah banjir tersebut. Pasalnya, hujan ekstrem terjadi pada musim liburan dan juga saat masyarakat sedang lengah.

"Ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, ketika kita sedang bergembira, sedang bersuka ria jangan lupa mungkin bala siap mengintai kepada kita," jelas mantan Mendikbud tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK menjanjikan akan membrikan bantuan sebanyak 1.000 selimut, sembako dan matras kepada pengungsi banjir di tempat pengungsian Yaskum Indonesia. Tetapi keesokan harinya, pengungsi hanya menerima 150 an selimut dan dan matras yang diserahkan oleh pihak Kelurahan Kembangan.

"Kami berharap dengan bantuan ini bisa meringankan beban bapak ibu," kata Muhadjir.

Kemenko PMK akan mengkoordinasikan kementerian terkait. Muhadjir mengatakan sudah banyak yang bergerak seperti bantuan sembako dari Kemensos, layanan kesehatan dari Kemenkes, hingga bantuan seragam dari Kemendikbud.

"Nanti akan kita pantau, jangan sampai pengungsi terlunta-lunta," imbuh Muhadjir.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.